Macam-Macam Kelompok Sosial Dan Contohnya

Macam-Macam Kelompok Sosial dan Contohnya - Kelompok ialah sekelompok orang yang mempunyai kesadaran bersama akan keanggotaan dan berinteraksi satu sama lain. Bergabung dengan kelompok ialah sebuah pilihan. Tapi ada dua faktor yang menjadikan pilihat ialah kedekatan dan keamanan. Semakin bersahabat mereka, semakin sering mereka saling bertemu, berbicara, dan bersosialisasi. Dengan demikian, kedekatan fisik merupakan peluang interaksi dan bentuk kegiatan bersama yang menjadi pembentuk kelompok sosial. Tapi tidak hanya itu, kelompok juga terbentuk alasannya ialah kesamaan di antara anggotanya. Kesamaan berarti, kepentingan bersama, kepercayaan, nilai, usia, tingkat kecerdasan, atau abjad pribadi lainnya.

Macam-Macam Kelompok - Menurut pendapat Robert Bierstedt, kelompok mempunyai banyak jenis dan dibedakan dengan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antar kelompok, dan kesadaran dari jenisnya.


  • Kelompok statis, ialah kelompok bukan organisasi yang tidak mempunyai hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contohnya, kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan. 
  • Kelompok kemasyarkatan, ialah kelompok yang mempunyai persamaan, tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara para anggotanya 
  • Kelompok sosial, ialah kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan hubungan satu dengan yang lainnya tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contohnya, kelompok pertemuan atau kerabat. 
  • Kelompok asosiasi, ialah kelompok yang mempunyai kesadaran akan jenis dan mempunyai persamaan mengenai kepentingan pribadi maupun juga kepentingan bersama. Contohnya, negara, sekolah, pramuka dan osis. 

Macam-Macam Kelompok Sosial - Menurut Robert Bierstedt, berdasarkan keteraturan terdapat majemuk jenis kelompok, antara lain sebagai berikut... 


1. Kelompok Sosial Teratur
a. In-group dan out-group
  • In-group ialah kelompok sosial yang individu mengidentifikasi dirinya dalam kelompok. Properti dalam kelompok didasarkan pada faktor simpati dan kedekatan dengan kelompok. Seperti, dian ialah siswa kelas X-A Sekolah Menengan Atas Harapan Pertiwi, maka in-group Dian ialah kelas X-A.
  • Out-group ialah kelompok yang didefinisikan oleh individu sebagai lawan dalam kelompok atau kelompok di luar kelompoknya. Seperti, out-qroup untuk Dian ialah kelas selain kelas X-A, menyerupai kelas X-B atau X-C.

b. Kelompok primer dan sekunder
  • Kelompok utama ialah kelompok kecil yang anggotanya mempunyai hubungan dekat, pribadi, dan langgeng. Misalnya keluarga.
  • Kelompok sekunder ialah kelompok temporer yang lebih besar, yang dibuat untuk tujuan tertentu, dan interkoneksinya tidak bersifat pribadi sehingga biasanya tidak berlangsung lama. Misalnya sepak bola kesebalasan.

c. Paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesselschaft)
  • Lingkaran Teman ialah suatu bentuk hubungan kolektif yang anggotanya terikat oleh hubungan batin murni yang bersifat alami dan abadi. Karakteristik masyarakat bersifat intim, langsung (hanya spesifik), dan personal.
  • Patembayan ialah ikatan dasar kelahiran dalam jangka pendek.

d. Kelompok formal dan kelompok informal
  • Kelompok formal ialah kelompok yang mempunyai peraturan ketat dan sengaja dibuat oleh anggotanya untuk mengatur antara lain. Misalnya: perusahaan, birokrasi, dan negara.
  • Kelompok informal ialah kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, dibuat oleh pertemuan berulang sehingga menghasilkan pertemuan kepentingan dan pengalaman. Misalnya, klik (bundel sahabat terdekat atau sahabat sebaya).

e. Kelompok anggota dan kelompok rujukan
  • Keanggotaan kelompok ialah kelompok yang setiap orang secara fisik menjadi anggota.
  • Kelompok referensi ialah kelompok sosial yang menjadi referensi bagi seseorang untuk tetapkan kepribadian dan perilaku.
2. Kelompok Sosial Yang Tidak Teratur
a. Kerumunan (Crowd)
Massa identik dengan hasrat dan hasrat terbakar yang cenderung merusak (destruktif). Namun, tidak semua penonton membuat kerusuhan dan kekacauan. Menurut Herbert Blumer (1900-1987), ada empat jenis keramaian, yaitu sebagai berikut ...
  • Kerumunan kaustik ialah kerumunan yang digabung dan diatur secara longgar. Ini spontan. Misalnya, keramaian yang bahu-membahu melihat rumah yang terbakar atau mengalami kecelakaan kemudian lintas.
  • Kerumunan konvensional ialah kerumunan yang teratur. Misalnya khalayak khalayak atau khalayak pertunjukan teater.
  • Kerumunan bertindak ialah kerumunan yang didasarkan pada permusuhan atau kegiatan destruktif. Misalnya, massa (emoasional dan irasional muncul yang sepertinya menjalankan tindakan penuh yang merusak).
  • Orang yang ekspresif ialah kerumunan yang sepertinya melampiaskan emosi dan ketegangan mereka. Misalnya penonton konser rock.
b. Publik
Publik ialah orang yang bersatu secara alami yang mempunyai minat yang sama. Orang yang berkumpul di pasar tradisional (pengunjung) mempunyai banyak kesamaan, namun masing-masing tidak saling bertanggung jawab

Kelompok ialah sekelompok orang yang mempunyai kesadaran bersama akan keanggotaan dan beri Macam-Macam Kelompok Sosial dan Contohnya

Demikianlah info mengenai Macam-Macam Kelompok Sosial. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu macam-macam kelompok berdasarkan Robert Bierstedt.  Sekian dan terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Kelompok Sosial Dan Contohnya"

Posting Komentar