Sumber Daya Alam (Sda): Pengertian, Jenis, Fungsi Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA): Pengertian, Jenis, Fungsi Sumber Daya Alam- Secara umum, Pengertian Sumber Daya Alam yaitu segala sesuatu yang bersumber dari alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber Daya Alam yaitu kekayaan alam baik benda mati maupun makhluk hidup yang ada di alam atau bumi yang bermanfaat bagi kita semua. Yang termasuk sumber daya alam yaitu komponen biotik dan abiotik. komponen biotik menyerupai hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, sedangkan komponen abiotik mencakup gas alam, tanah, logam, air, dan minyak bumi. Sumber daya alam sangat bermanfaat bagi insan namun dengan eksploitasi sumber daya alam yang semakin menurun.

Jenis Jenis Sumber Daya Alam (SDA)
Ada aneka macam bentuk dan jenis sumber daya alam di lapangan. Oleh alasannya itu sumber daya alam dikelompokkan / diklasifikasikan dalam beberapa jenis, antara lain sebagai berikut ...

1. Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan
  • Sumber Daya Alam yang Selalu Ada, yaitu sumber yang tak pernah habis. alasannya mempunyai siklus sepanjang masa, menyerupai energi matahari, udara, energi pasang surut, dan sumber air.
  • Sumber Daya Alam Terbarukan, yaitu sumber daya yang bila tidak habis dalam waktu usang dan cepat tersedia lagi baik dengan reproduksi atau perkembangbiakan. Seperti binatang dan tumbuhan.
  • Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbaharui, yaitu sumber yang sulit atau bahkan tidak sanggup memberikannya kembali alasannya membutuhkan waktu yang sangat usang bahkan jutaan tahun, menyerupai barang pertambangan.


2. Jenis Sumber Daya Alam (SDA) berdasarkan Jenisnya
  • Sumber Daya Alam Biotik, yaitu sumber aya berupa makhluk hidup menyerupai hewan, tumbuhan, mikroba dan manusia
  • Sumber Daya Alam Non-Biologis / Abiotik, yaitu sumber daya alam fisik berupa benda mati. Seperti mineral, waterwheels, air dan tanah.


3. Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Penggunaan atau Penggunaan
  • Produsen Bahan Baku Sumber Daya Alam, merupakan sumber daya alam yang dipakai untuk menghasilkan benda atau barang lain yang bernilai tinggi untuk digunakan.
  • Produsen Sumber Daya Alam Energi, merupakan sumber daya alam sebagai penghasil energi bagi kebutuhan manusia. Salah satunya yaitu sinar matahari yang memancarkan energi bagi manusia. serta ajaran air yang dipakai sebagai generator energi pada pembangkit listrik turbin.


4. Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Nilai Penggunaan atau Sumber Daya Ekonomis
  • Sumber Daya Alam Ekonomi Tinggi, yaitu sumber daya yang diperoleh dengan biaya tinggi. Seperti mineral logam mulia menyerupai berlian, perak dan emas.
  • Natural Low Economic Resources, yaitu sumber daya alam yang diperoleh dengan biaya yang cukup murah dan tersedia dengan jumlah yang cukup besar. Seperti materi bangunan. Misalnya batu, kerikil gamping dan pasir.
  • Sumber Daya Alam Non-ekonomi, yaitu sumber daya alam yang diperoleh tanpa biaya, tanpa pengorbanan yang tersedia dalam jumlah tak terbatas. Misalnya sinar matahari, suhu, udara, dan angin.
 yaitu segala sesuatu yang bersumber dari alam untuk memenuhi kebutuhan insan Sumber Daya Alam (SDA): Pengertian, Jenis, Fungsi Sumber Daya Alam

Demikianlah info mengenai Sumber Daya Alam (SDA): Pengertian, Jenis, Sumber. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sumber daya alam, jenis-jenis sumber daya alam dan sumbernya. Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Daya Alam (Sda): Pengertian, Jenis, Fungsi Sumber Daya Alam"

Posting Komentar