Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis Dan Ciri-Cirinya (Lengkap)

Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis dan Ciri-Cirinya - Manusia monyet mojokerto, ialah insan purba yang mencirikan Mochertensis pithcanthropus yang bertujuan sebagai pembeda spesies pithecanthropus lainnya. Pithencahtropus Mojokertensis: G.H.R. Von Koenigswald sekitar tahun 1936-1941 melaksanakan studi insan prasejarah di sepanjang lembah di Sungai Bengawan Solo. Pada tahun 1939, von Koenigswald menemukan tengkorak fosil seorang anak di bersahabat Mojokerto. Berdasarkan puting susu dan rahang, diperkirakan umur makhluk itu berumur 5-6 tahun.

Meskipun von Koenigswald mengira bahwa tengkorak penemuannya ialah anak dari Pithcanthropus, beliau masih berhati-hati dalam mengungkapkan pendapatnya. Untuk sementara, makhluk itu disebut Homo Mojokertensis. Pada tahun-tahun berikutnya di wilayah lembah Sungai Solo semakin banyak ditemukan fosil insan prasejarah, termasuk spesies Pithecanthropus lainnya. Berdasarkan temuan ini, von Koenigswald membagi lapisan dilluvium di lembah Bengawan Solo (diluvium Indonesia secara umum) menjadi tiga bagian, yaitu lapisan Jetis (Pleistosen Bawah), lapisan Trinil (Pleistosen Tengah), dan lapisan Ngandong (Pleistosen Atas).

 Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis dan Ciri Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis dan Ciri-Cirinya (LENGKAP)

Berdasarkan pembagian lapisan diluvium Pithecanthropus menemukan Dubois menempati lapisan Trinil. Pithecanthropus yang menempati lapisan Jetis mempunyai tubuh lebih besar dan lebih besar lengan berkuasa daripada Pithecanthropus Erectus yang dinamakan Pithcanthropus Robustus. Di lapisan Jetis (Lower Pleistocene) ialah kawasan Homo Mojokertensis berada sehingga makhluk itu lalu disebut Pithcanthropus Mojokertensis.

Ciri-Ciri utama Fosil Pithcanthropus Mojokertensis


  • berbadan tegak, 
  • mukanya menonjol ke depan 
  • kening tebal
  • tulang pipi yang kuat. 
Demikianlah isu mengenai Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis & Ciri-Cirinya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu sejarha pithecantropus mojokertensis dan ciri-ciri pithecantropus mojokertensis. Sekian dan terima kasih.

TAG:Jenis-Jenis Manusia Purba dan Ciri-Cirinya

Sejarah Manusia Purba di Indonesia
Sejarah Homo Soloensis dan Ciri-Cirinya
Sejarah Pithecantropus dan Ciri-Ciri Pithecantropus
Manusia Purba: Sejarah Homo Wajakinensis dan Ciri-Cirinya
Manusia Purba: Sejarah Pithecantropus Soloensis dan Ciri-Cirinya
Manusia Purba: Sejarah Pithecantropus Erectus dan Ciri-Cirinya


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Pithecanthropus Mojokertensis Dan Ciri-Cirinya (Lengkap)"

Posting Komentar