Pengertian Dna & Rna Dan Perbedaan Dna & Rna

Pengertian DNA & RNA Dan Perbedaan DNA & RNA - Secara umum Pengertian DNA atau Asam Ribonukleat adalah bahan yang membentuk kromosom-kromosom yang menyimpan gosip genetik dalam badan makhluk hidup.Sedangkan, pengertian RNA (Asam Ribonukleat) adalah polimer yang tersusun dari sejumlah neuklotida dimana satu neuklotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu gugus gula ribosa, dan satu gugus basa nitrogen (N).

PEMBAHASAN DNA
DNA mempunyai asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida unit dioknukarotida dimana unit bangunannya ialah oxynucleotides. Informasi genetik umumnya merupakan kumpulan perintah yang mengatur sel untuk melaksanakan sesuatu. DNA dalam bahasa Inggris disebut deoxyribonucleic acid, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Asam Deoksiribosis Nukleat. Susunan kimia DNA ialah polimer rantai panjang nukleotida.

PEMBAHASAN RNA
RNA mempunyai asam nukleat yang tersusun dari polinukleotida dari unit mononukleotida. RNA polimer terdiri dari ikatan bolak-balik antara kelompok fosfat nukleotida dengan ribosa dan kelompok nukleotida lainnya.

Perbedaan Antara DNA dan RNA

  1. Bagian pentosa DNA ialah ribosa, sedangkan pada bab pentosa DNA ialah dioksiribosa
  2. Bentuk molekul dari DNA ialah heliks ganda, sedangkan pada bentuk molekul RNA yang berupa rantai tunggal yang berlipat, sehingga ibarat dengan rantai gandai. 
  3. RNA mengandung basa adenin, guanin dan sitosin ibarat DNA, tetapi RNA tidak mengandung timin yang sebagai gantinya RNA mengandung urasil. 
  4. DNA berada di dalam kromosom sedangkan RNA bergantung dari jenis RNA ibarat RNA duna yang terdapat di nukleus, RNA p atau RNA t yang terdapat di sitoplasma, sedangkan RNA r (RNA ribosom) terdaat di ribosom
  5. Secara alami, DNA membentuk RNA sedangkan RNA membentuk protein yang penting bagi makhluk hidup ibarat membentuk otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim dan lain-lain.

kromosom yang menyimpan gosip genetik dalam badan makhluk hidup Pengertian DNA & RNA Dan Perbedaan DNA & RNA

Demikianlah gosip mengenai Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian DNA, pengertian RNA, pembahasan DNA, pembahasan RNA, perbedaan DNA dan RNA. Sekian dan terima kasih. 

TAG: Pengertian RNA, Fungsi, Struktur & Jenisnya

Pengertian DNA, Struktur, Replikasi, Fungsi, Isolasi, & Tes DNA


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dna & Rna Dan Perbedaan Dna & Rna"

Posting Komentar