Pengertian Biografi, Struktur Teks Biografi Dan Ciri-Ciri Biografi

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi Dan Struktur Biografi. Secara Umum, Pengertian Biografi ialah sebuah goresan pena yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Secara sederhana, Pengertian Biografi ialah sebuah kisah riwayat hidup seseorang.Biografi juga sanggup diartikan sebagai dongeng atau deskripsi perjalanan hidup seseorang yang berasal dari kisah nyata. Istilah Biografi berasal dari kata Yunani bios dan graphien. Makna bios ialah kehidupan dan graphien artinya menulis. Biografi sanggup terdiri dari beberapa baris atau lebih dari satu buku.

Biografi ini terdiri dari biografi singkat dan biografi panjang, di mana biografi singkat hanya berisi fakta ihwal kehidupan seseorang dan tugas penting. Sedangkan biografi panjang terdiri dari gosip penting yang diceritakan secara lebih rinci dan ditulis dengan gaya bercerita yang bagus.

Dari biografi sanggup ditemukan kejadian kehidupan seseorang atau misteri kehidupan seseorang dengan klarifikasi ihwal tindakan atau sikap dalam hidupnya. Biografi sanggup memberi tahu kehidupan yang penting / populer dan tidak terkenal, tapi biasanya Biografi bercerita ihwal tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang sudah meninggal. Saat ini banyak biografi yang ditulis secara kronologis.
 Pengertian Biografi ialah sebuah goresan pena yang membahas mengenai kehidupan seseorang Pengertian Biografi, Struktur Teks Biografi Dan Ciri-Ciri Biografi

Biografi itu sendiri membutuhkan materi atau sumber pendukung baik dalam bentuk benda-benda ibarat buku harian, surat, kliping koran, dll sebagai materi penunjang utama. Sedangkan materi pendukung yang biasa ialah buku referensi, yang menjelaskan tugas seseorang dalam biografi.

Ciri-Ciri Biografi 
Adapun ciri-ciri biografi antara lain sebagai berikut.. 
1. Biografi terdiri dari struktur: orientasi, kejadian atau masalah, serta reorientasi 
2. Berisi gosip fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita
3. Faktualnya (fakta) berdasarkan kejadian hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi. 
4. Komponen penting dalam teks biografi adalah... 

  • Judul 
  • Menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan
  • Mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan 
  • Dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh


Struktur Biografi
Struktur biografi ialah sebagai berikut... 
1. Orientasi: Orientasi merupakan bab yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi citra awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
2. Peristiwa dan Masalah: Bagian kejadian atau kejadian yang berisi sebuah kejadian atau kejadian pernah dialami, termasuk didalamnya berisi ihwal problem yang pernah dihadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan pernah dialami tokoh diuraikan dalam bab ini.
3. Reorientasi: Reorientasi ialah bab epilog yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya sanggup ada atau tidak.

Demikianlah gosip mengenai Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian biografi, ciri-ciri biografi, struktur biografi. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Biografi, Struktur Teks Biografi Dan Ciri-Ciri Biografi"

Posting Komentar