Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik- Manusia bekerjsama telah membawa kepribadian semenjak lahir di bumi ini. Pendidikan abjad ialah bentuk acara insan yang terkandung dalam suatu tindakan pendidikan yang ditujukan untuk generasi penerus. Pendidikan abjad bertujuan untuk membentuk kesempurnaan diri individu dan melatih kemampuan diri semoga bisa menghasilkan kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya itu, tujuan pendidikan abjad bisa dilihat di bawah ini ...
- Mengetahui aneka macam abjad baik manusia
- Mengartikan dan menjelaskan aneka macam karakter
- Menunjukkan pola prilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami sisi baik dalam menjalankan sikap yang sebagai mana berkarakter
Faktor Pendidikan Karakter
Lingkungan memainkan tugas penting dalam pendidikan abjad alasannya ialah perubahan sikap penerima didik ditentukan oleh faktor lingkungan. Oleh alasannya ialah itu diharapkan adanya gugusan dan rekayasa lingkungan baik di lingkungan fisik, budaya sekolah, administrasi sekolah, kurikulum, pendidik dan metode pengajaran. Strategi rekayasa faktor lingkungan dalam pendidikan abjad ialah sebagai berikut ...
1. Keteladanan
2. Intervensi
3. Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten
4. Penguatan
Pilar Pendidikan Karakter
Pendidikan abjad didasarkan pada enam pilar yaitu sebagai berikut ..
1. Trustworthiness (Kepercayaan)
Jujur saja, jangan menipu, menggandakan atau mencuri, menjadi orang yang sanggup mendapatkan amanah yang melaksanakan apa yang ia katakan dan lakukan, meminta keberanian untuk melaksanakan hal yang benar, membangun reputasi yang baik, berdiri dengan keluarga, sahabat dan negara.
2. Recpect (Menghormati)
Jadilah toleran terhadap perbedaan, gunakan sopan santun, bukan bahasa yang jelek atau buruk, anggap perasaan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri, jangan mengancam, menggertak atau menyakiti orang lain, berdamai dengan kemarahan, penghinaan, dan ketidaksepakatan.
3. Responsibility (Tanggung Jawab)
Selalu lakukan yang terbaik, lakukan pengendalian diri, disiplin, pikirkan sebelum bertindak, pertimbangkan konsekuensinya, bertanggung jawab atas pilihan apa pun yang Anda buat.
4. Fairness (Keadilan)
Bermain sesuai peraturan, ambil seperlunya dan bagikan seperlunya, open minded; dengarkan orang lain, jangan memanfaatkan orang lain, jangan salahkan orang lain tanpa pandang bulu.
5. Caring (Peduli)
Bersikaplah sayang dengan kasih sayang dan tunjukkan kepedulian, rasa syukur, pengampunan, bantu seseorang yang membutuhkan.
6. Kewarganegaraan (Citizenship)
Jadikan sekolah dan masyarakat lebih baik, bekerja sama, melibatkan diri dalam urusan masyarakat, menghormati otoritas, melindungi lingkungan.
Fungsi Pendidikan Karakter
Fungsi pendidikan abjad yaitu sebagai berikut
1. Mengembangkan potensi dasar semoga berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2. Memperkuat dan membangun sikap bangsa yang multikultur
3. Meningkatkan peradaban bangsa semoga kompetitif dalam bersaing dalam pergaulan dunia, yang dilakukan dari aneka macam media meliputi keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.
Nilai-Nilai Pembentuk Karakter
Sebenarnya nilai-nilai pembentuk abjad telah dikembangkan, dan ketika ini telah diperkuat atas 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. 18 nilai pembentuk abjad bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional yang mana nilai-nilai pembentuk abjad sanggup dilihat dibawah ini..
1. Jujur
2. Toleransi
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Demokrasi
8. Rasa ingin tahu
9. Semangat kebangsaan
10. Cinta tanah air
11. Menghargai prestasi
12. Bersahabat/komunikatif
13. Cintai damai
14. Gemar membaca
15. Peduli lingkungan
16. Peduli sosial
17. Tanggung jawab
18. Religius.
Macam-Macam Kepribadian
Secara umum, kepribadian terbagi atas 4 macam yaitu sebagai berikut..
1. Koleris ialah kepribadian yang suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
2. Sanguinis ialah kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan kegiatan sosial dan bersenang-senang.
3. Plegmatis ialah kepribadian yang bercirikan suka dengan bekerja sama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, sahabat bicara yang enak, menyukai hal yang pasti
4. Melankolis ialah kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang detil, menyimpan kemarahan, perfection, suka instruksi yang jelas, kegiatan yang rutin sangat disukai.
Demikianlah informasi mengenai Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, faktor pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pembentuk karakter, dan macam-macam kepribadian. Sekian dan terima kasih.
Belum ada tanggapan untuk "Pendidikan Huruf Dan Pembentukan Kepribadian Manusia"
Posting Komentar