Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Administrasi Keuangan Berdasarkan Para Ahli

Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli- Secara Umum, Pengertian Manajemen Keuangan yaitu suatu kegiatan yang terdiri dari perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencaharian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Sekalipun sederhana, Pengertian Financial Management merupakan proses dalam kegiatan keuangan perusahaan, mulai dari bagaimana mendapatkan dana dan menggunakannya. Penggunaan mana yang harus ditargetkan, efisien, dan efektif untuk tujuan keuangan perusahaan sanggup tercapai sesuai rencana.

Manajemen keuangan yaitu salah satu ilmu administrasi utama. Pengelolaan keuangan pada awalnya hanya pada kegiatan tubuh perjuangan (organisasi) dalam rangka penggunaan dan alokasi dana tubuh perjuangan (perusahaan) yang efisien. Kemudian dari sini, terus berkembang hingga sebelumnya hanya memprioritaskan kegiatan untuk mendapatkan / memperoleh dana hanya untuk memasukkan kegiatan dapatkan, penggunaan dana untuk hingga ke pengelolaan aset (atktiva).

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Ada beberapa pendapat hebat yang mendefinisikan konsep administrasi keuangan yang sanggup Anda lihat di bawah ini.


  • Bambang Ryanto: Menurutnya, definisi pengelolaan keuangan yaitu semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan upaya mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan adanya biaya minimal dan syarat yang menguntungkan serta upaya pemanfaatan dana yang diperoleh secara efisien dan efektif.
  • Liehman: Pengertian pengelolaan keuangan oleh liehman merupakan upaya proteksi uang dan penggunaan dana untuk mendapatkan aset (asset).
  • James Van Horne: Menurut pendapat James Van Horne, bahwa definisi pengelolaan keuangan yaitu segala acara atau kegiatan yang berafiliasi pribadi dengan perolehan dana dan pengelolaan aset (asset) dengan tujuan yang komprehensif.
  • Suad Husnan: Pengertian pengelolaan keuangan berdasarkan Suad Husnan yaitu pengelolaan semua fungsi keuangan.

Fungsi Manajemen Keuangan


Berikut yaitu beberapa fungsi pengelolaan keuangan yang ada sebagai berikut ..
1. Perencanaan Keuangan, menciptakan planning pendapatan dan pengeluaran dan kegiatan lainnya dalam jangka waktu tertentu.
2. Penganggaran Keuangan, merinci pengeluaran dan pendapatan
3. Manajemen Keuangan, penggunaan dana perusahaan secara maksimal dengan aneka macam cara
4. Mata pencaharian finansial, mencari dan memanfaatkan sumber dana yang dipakai untuk operasional perusahaan.
5. Penyimpanan Keuangan, yaitu dengan mengumpulkan dana perusahaan dan menyimpan dan mengamankan dana.
6. Pengendalian Keuangan, yaitu dengan melaksanakan penilaian dan perbaikan sistem keuangan dan keuangan yang berlaku di perusahaan.
7. Audit, dengan melaksanakan audit internal terhadap keuangan perusahaan yang ada alasannya yaitu tidak adanya penyimpangan.
8. Pelaporan Keuangan, yaitu memperlihatkan warta mengenai kondisi keuangan perusahaan dan tentunya sebagai materi evaluasi.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan pengelolaan keuangan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Kaprikornus jikalau sewaktu-waktu perusahaannya dijual, maka harganya sanggup diatur dengan harga setinggi mungkin. Seorang manajer harus menekan fatwa uang untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan yaitu pengelolaan fungsi keuangan. Sedangkan fungsi keuangan merupakan kegiatan utama dalam akuntansi tempat tertentu dalam memakai dana dan penempatan dana.

Manajemen dalam bisnis perusahaan terdiri dari beberapa individu yang dikategorikan menjadi tiga kelompok sebagai berikut:
1. Kelompok administrasi operasional, terdiri dari suvervisors.
2. Kelompok administrasi menengah meliputi departemen, manajer divisi, dan palang cabang.
3. Manajemen direktur atau biasa disebut administrasi tanggung jawab fungsi pemasaran, pembelanjaan, produksi, pembiyaan, dan akutansi. Manajer direktur pada prinsipnya berkepentingan dengan pengambilan keputusan jangka panjang, lalu administrasi menengah keputusan jangka menengah dan keputusan administrasi operasional jangka pendek.

Manajemen keuangan mempunyai tiga kegiatan utama yaitu sebagai berikut.
1. Perolehan dana, yaitu kegiatan untuk mendapatkan sumber dana baik dari internal perusahaan maupun dari perusahaan eksternal.
2. Penggunaan dana, merupakan kegiatan penggunaan atau investasi dana dalam aneka macam bentuk aset.
3. Pengelolaan Aset (Assets) yaitu kegiatan yang dilakukan sehabis dana tersebut telah dan sanggup diinvestasikan atau dialokasikan ke dalam bentuk aset, dan harus dikelola secara efektif dan efisien.

Konsep administrasi sanggup digambarkan dalam kalimat menyerupai ini "membuat keputusan, memberi perintah, memutuskan kebijakan, memperlihatkan pekerjaan dan penghargaan sistem dan mempekerjakan orang untuk menerapkan kebijakan".

Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan tidak hanya pada pencatatan akuntansi saja. Manajemen keuangan merupakan bvagian yang sangat penting dan tidak sanggup dianggap sepele. Pada prakteknya administrasi keuangan meruakan acara dan hadir untuk menyehatkan keuangan perusahaan atau organisasi. Maka dari itu menciptakan hal tersebut, mari kita melihat Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan sebagai berikut...
  • Consistency (Konsistensi), merupakan prinsip yang mana sistem dan kebijakan keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang direncanakan, tidak berubah dari setiap periode, tetapi yang perlu ditekankan bahwa sistem keuangan bukan berarti tidak sanggup dilakukan pembiasaan dikala terdapat perubahan signifikan dalam perusahaan. Pendekatan keuangan yang tidak konsisten menjadi tanda bahwa ada manipulasi pada pengelolaan keuangan perusahaan.
  • Accountability (Akuntabilitas), adalah suatu kewajiban aturan dan juga moral, yang mana menempel untuk setiap individu, kelompok ataupun perusahaan dalam memberi klarifikasi bagaimana dana ataupun kewenangan yang telah diberikan oleh pihak ke-3 dipergunakan. Setiap pihak harus memberi klarifikasi mengenai penggunaan sumber daya dan apa yang telah dicapai suatu bentuk pertanggung tanggapan kepada yang berkepentingan, semoga semua tahu bagaimana kewenangan dan dana yang dimiliki itu dipergunakan.  da
  • Transparancy (Transparansi), yaitu prinsip yang mana setiap kegiatan administrasi harus terbuka baik dalam memperlihatkan warta ihwal planning dan segala acara bagi yang berkepentingan, termasuk laporan keuangan yang wajar, lengkap, sempurna waktu dan akurat yang sanggup diakses dengan gampang oleh yang berkepentingan, jikalau tidak transparan maka akan berdampak suatu penyelewengan kegiatan.
  • Viability (Kelangsungan Hidup) yaitu prinsip yang mana menekankan pada kesehatan keuangan perusahaan terjaga, semua pengeluaran operasional ataupun ditingkat yang taktik harus diubahsuaikan denga dana yang ada, kelangsungan hidup entitas merupakan ukuran suatu tingkat keamanan serta keberlanjutan keuangan perusahaan.Manajemen keuangan harus menyusun planning keuangan dimana memperlihatkan bagaimana suatu perusahaan sanggup menjalankan planning strategisnya guna memenuhi kebutuhan keuangan.
  • Integrity (Integritas) yaitu setiap individu wajib mempunyai tingkat integritas yang mempuni dalam menjalankan kegiatan operasional. Tidak hanya itu, pencacatan dan laporan keuangan harus terjaga integritasnya dengan kelengkapan dan tingkat keakuratan suatu pencatatan keuangan.
  • Stewardship (Pengelolaan) adalah prinsip dimana sanggup mengelola dengan baik dana yang telah didapatkan dan memperlihatkan jaminan akan dana yang diperoleh tersebut untuk direalisasikan tujuan yang telah ditetapkan, dalam prateknya dilakukan dengan hati-hati dengan menciptakan perencanaan strategis, mengidentifikasi risiko keuangan yang ada serta menyusun dan menciptakan sistem pengendalian keuangan yang sesuai.
  • Accounting Standards (Standar Akuntansi) yaitu sistem akuntansi keuangan harus sesuai dengan prinsip-prinsip dan standar aturan akuntansi yang telah berlaku dengan tujuan laporan keuangan yang dihasilkan sanggup dengan gampang dipahami dan dimengerti dari semua pihak yang berkepentingan.
 Arti Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Demikianlah warta mengenai Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian administrasi keuangan, fungsi administrasi keuangan, tujuan administrasi keuangan, konsep administrasi keuangan, fungsi administrasi keuangan, prinsip-prinsip administrasi keuangan dan pengertian administrasi keuangan berdasarkan para ahli. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Administrasi Keuangan Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar