Sejarah Penyebaran Insan Dan Bahasa Austronesia

Sejarah Penyebaran Manusia dan Bahasa Austronesia- Bahasa di Asia Tengah berasal dari keluarga Sino-Tibet yang melahirkan orang Tionghoa, Siam, Tibet, Miao, Yiu, dan Burma. Penyebaran ke selatan melahirkan keluarga bahasa Dravda, bahasa Telugu, Tamil dan Malayam, sementara penyebaran ke Asia Timur dan Tenggara melahirkan keluarga empat orang Austronesia yang berasal dari empat kelompok besar, Melayu (Indonesia), Melanesia, Mikronesia , dan Polinesia. Prof. Dr. H. Kern pada tahun 1889 melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan penyebaran insan menurut perbandingan bahasa.

Dia membandingkan bahasa serumpun, yakni bahasa Austronesia (Malay Polinesia). Penyebaran keluarga bahasa ini sangat luas, yakni di barat hingga Madagaskar, timur hingga Pulau Paskah, utara hingga Formosa, dan selatan hingga Selandia Baru. Dalam penyebaran bahasa Austronesia yang begitu luas,

Indonesia menjadi basis kedua untuk penempatan lebih lanjut bangsa Austronesia. Dari bab barat Indonesia hingga ke pantai ujung selatan India dan ke Madagaskar. Dari bab timur Indonesia hingga Melanesia, Mikronesia, dan sebagainya. Berdasarkan wilayah penyebaran kata-kata ini juga dapat diketahui lagi negara asal pengguna bahasa Austronesia.

 Sejarah Penyebaran Manusia dan Bahasa Austronesia Sejarah Penyebaran Manusia dan Bahasa Austronesia


Investigasi yang sangat teliti ini menghasilkan kesimpulan bahwa negara-negara linguistik Austronesia berasal dari tempat Champa, Cochin-China, dan Kampuchea, serta tempat sekitarnya di sepanjang pantai. Namun demikian, di tempat itu mereka bukan penduduk asli. Tempat asal mereka berada di tempat lebih jauh.

Demikian artikel ihwal Sejarah Penyebaran Manusia dan Bahasa Austronesia agar bermanfaat 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Penyebaran Insan Dan Bahasa Austronesia"

Posting Komentar