Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur Dan Referensi Teks Eksposisi

Kali ini seputar pengertian, jenis, fitur, struktur, dan pola teks eksposisi terbaru ..Pengertian teks eksposisi ialah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.Paragraf Eksposisi ini Ilmiah atau tidak fiktif. Contoh teks ekspositori sanggup dilihat di informasi atau di surat kabar, namun pola eksposisi sanggup dilihat di bawah tapi sebelum itu mari kita pelajari teks eksposisi lebih dalam dengan melihat jenis, struktur dan tujuan eksposisi sebagai berikut:

Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis (Pembukaan)
  • Argumentasi (Isi)
  • Penegasan Ulang (Penegasan ulang)


Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Ekskposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan 


Ciri-Ciri Teks Eksposisi 

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 
  • Gaya informasi yang mengajak 
  • Penyampaian secara lugas dan memakai bahasa yang baku 
  • Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
  • Fakta dibakai sebagai alat donasi dan alat kontritasi 
Contoh Teks Eksposisi


Mangga dan Agroklimat
Mangga ialah flora buah dengan tingkat ketergantungan tinggi pada agroklimat. Ada flora buah yang tidak begitu bergantung pada faktor agroklimat, ibarat nangka dan alpukat. Ada juga tingkat ketergantungan yang sangat tinggi pada agroklimat, ibarat apel. Hampir tidak ada flora yang sanggup menjadi seratus persen bebas dari faktor agro-iklim, kecuali flora tersebut dibudidayakan di rumah beling yang tercemar oleh udara luar dan lengkap dengan kontrol suhu dan kelembaban. Mangga memang merupakan flora buah tropis, namun ia hanya tidak menyukai kelembaban dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah tersebut kemudian dibudidayakan di area guru ibarat Meksiko, Mesir, dan Israel, atau di kawasan subtropis ibarat Australia dan Taiwan. Lagi pula, kawasan yang lebih kering dan panas, flora mangga semakin menikmatinya. Di Indonesia, mangga hanya sanggup tumbuh subur di dataran rendah dengan sedikit curah hujan ibarat Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo.

Meski menyukai kawasan kering dengan udara panas, mangga masih membutuhkan banyak air. Bahan utama untuk membentuk buah memang air, udara (CO2) dan nutrisi. Dari ketiga unsur tersebut, air membutuhkan flora mangga paling banyak. Oleh lantaran itu, meski udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup panas dan kering, air tanah cukup dangkal semoga sesuai untuk flora mangga. Di luar Jawa, kawasan agroklimat semacam itu antara lain di lembah palu.

Di dataran rendah yang kering, flora mangga sanggup mendapatkan sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin cantik buahnya dihasilkan. Karena itulah kawasan gurun sanggup menghasilkan mangga yang cukup manis. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, flora mangga sanggup dengan bebas membentuk karbohidrat dan gula.

Indonesia yang berada di kawasan tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada kawasan yang sangat kering, ada juga yang ekstrim basah. Ada dataran tinggi yang dingin, ada juga dataran rendah yang panas. Kontur berair dan berbukit berair juga menguntungkan lantaran memudahkan sistem irigasi dengan memakai sistem gravitasi - namun memakai alat berat. Secara keseluruhan, bagaimanapun, agro-iklim di Indonesia sangat bermanfaat bagi pengembangan agribisnis modern.

Kondisi agro-iklim yang menguntungkan terkadang sanggup menjelma ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang subur dan makmur. Kami juga membanggakan jumlah koleksi plasma nutfah mangga kami yang mencapai nomor dua di dunia sesudah India. Namun, belakang layar Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengolahnya. Di Australia ada lahan yang luas, modal yang sangat besar, teknologi yang sangat canggih, dan agro-iklim yang cocok untuk mangga. Karena itu, kita akan rindu bila hanya mengandalkan kondisi agroklimat yang "makmur makmur"
 ialah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang dis Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi


Demikianlah informasi mengenaivPengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan pola teks eksposisi. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur Dan Referensi Teks Eksposisi"

Posting Komentar