Pengertian Protein, Jenis Protein, Rujukan Dan Fungsi Protein

Pengertian Protein, Macam macam Protein, Contoh dan Fungsi Protein - Hai teman-teman ibarat tema di atas kali ini kita akan membahas pengertian, jenis, fungsi, dan sumber protein. Protein yaitu zat bermanfaat bagi tubuh kita. Tapi tahukah anda apa definisi proteinnya? .. Definisi Protein berdasarkan definisi para andal menyampaikan itu Bahwa. Pengertian protein yaitu senyawa kimia yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), dan kadang kala sulfur (s) atau fosfor (P). Protein terutama berfungsi sebagai bangunan dasar tubuh, yaitu membentuk sel gres dan memperbaiki sel yang rusak. Kebutuhan protein harian orang remaja yaitu satu gram protein untuk setiap kilogram berat badan. Anak-anak, perempuan hamil, dan orang-orang yang sudah sembuh dari sakit membutuhkan lebih banyak protein.

1. Jenis-Jenis Protein
Dalam jenis atau macam-macam protein terbagai atas 3 bab antara lain.. 

a. Jenis Protein Berdasarkan Sumber Protein
Protein dibedakan menjadi protein nabati dan protein hewani. 
  • Protein Nabati : Protein nabati yaitu protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya, kedelai, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. 
  • Protein Hewani : Protein nabati yaitu protein yang berasal dari hewan. Contohnya, daging, susu, keju, telur dan ikan. 

teman ibarat tema di atas kali ini kita akan membahas pengertian Pengertian Protein, Jenis Protein, Contoh dan Fungsi Protein

b. Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya 
Protein terdiri atas 3 macam atau jenis berdasarkan Fungsinya antara lain sebagai berikut..
Protein Sempurna : protein tepat yaitu protein yang didalamnya terkandung asam amino yang lengkap. Contohnya kasein pada susu dan albumin pada putih telur. Protein tepat pada umumnya terdapat pada protein hewan. 
  • Protein Kurang Sempurna : protein kurang tepat yaitu protein yang asam aminonya lengkap tetapi jumlah dari beberapa asam amino sedikit. Protein kurang tepat tidak bisa mencukupi pertumbuhan, tetapi protein kurang tepat ini sanggup mempertahankan jaringan yang telah ada. Contohnya protein pada lagumin yang terdapat pada kacang-kacangan dan giladin pada gandum. 
  • Protein Tidak Sempurna : protein tidak tepat yaitu protein yang kurang atau tidak mempunyai asam amino esensial. Protein tidak tepat tak bisa mencukupi pertumbuhan dan mempertahankan yang telah ada sebelumnya. Contohnya, Zein yang terdapat pada jagung, dan beberapa protein yang ada pada tumbuhan. 


c. Jenis Protein Berdasarkan Komponen-Komponen Penyusunnya
Jenis-jenis protein berdasarkan komponen-komponen penyusunnya terbagi atas 3 antara lain.
  • Protein Sederhana (Simple Protein) : protein sederhana yaitu protein dari hasil hidrolisa, total protein ini merupakan adonan atas banyak sekali macam asam amino. 
  • Protein Kompleks (Complex Protein) : protein kompleks yaitu protein dari hasil hidrolisa total protein jenis ini yang terdiri dari banyak sekali macam asam amino selain itu juga tedapat komponen-komponen yang lain ibarat unsur logam, formasi phospat. dll Contohnya hemoglobin, lipoprotein, glikoprotein dan masih banyak lagi). 
  • Protein Derivat (Protein derivative) : protein derivat yaitu protein yang merupakan ikatan antara (intermediate product) yang merupakan hasil dari hidrolisa parsial yang berasal dari protein native. Contohnya albumosa, peptone dan masih banyak lagi.

2. Fungsi protein
Fungsi protein pada umumnya, protein berperan sebagai body building agent dan body armor, metabolisme booster dan organ pendukung dalam banyak sekali aktivitas, tidak hanya itu, masih banyak fungsi protein lainnya yang bisa dilihat di bawah ini.
  • Membantu dan mendorong pertumbuhan dan mempertahankan struktur / struktur tubuh dari sel, jaringan ke organ tubuh.
  • Protein sebagai sumber karbohidrat.
  • Membantu tubuh dalam melawan, menghancurkan dan menetralisir zat dari luar atau abnormal yang masuk ke dalam tubuh.
  • Protein berfungsi sebagai bekal energi bagi tubuh.
  • Protein berfungsi sebagai asupan makanan dan rendah gula.
  • Menjaga dan menjaga keseimbangan asam basa dan cairan tubuh alasannya yaitu protein juga berfungsi sebagai penyangga (penahan). 
  • Menetapkan dan menjalankan metabolisme tubuh alasannya yaitu protein sebagai enzim berarti protein mengaktifkan dan masuk ke dalam reaksi kimia.
  • Protein juga berfungsi sebagai biokatalis
  • Protein yaitu zat dalam sintesis zat penting ibarat hormon, enzim, antibodi dan kromosom.

Demikian artikel ihwal Pengertian, Jenis, dan Fungsi Protein biar bermanfaat .terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Protein, Jenis Protein, Rujukan Dan Fungsi Protein"

Posting Komentar