Pengertian Peristiwa Alam, Jenis, Dan Macam-Macam Musibah Beserta Rujukan Gambarnya

Pengertian, Jenis, dan Macam-macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya- Definisi tragedi berdasarkan para hebat telah mengangkat banyak sekali pendapat dan jawaban terhadap pemahaman bencana, sementara. Pengertian tragedi berdasarkan UU Nomor 24 Tahun 2007, berbunyi bahwa pengertian tragedi yakni peristiwa/rangkaian insiden yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik itu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dan kerugian harta benda, serta efek psikologis. 

Dilihat dari apa yang dihasilkan dari tragedi ini sangat berbahaya bagi insan dan juga makhluk yang ada di bumi.

Jenis-jenis Bencana Alam
Bencana alam ada banyak sekali jenisnya, namun secara umum dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu musibah geologi, tragedi alam, meteorologi, dan musibah ekstra-terestial. Berikut klarifikasi selengkapnya.

1. Bencana alam geologi
Bencana alam geologi yakni musibah yang terjadi di permukaan bumi menyerupai tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan tanah longsor. Contoh musibah geologi paling umum yakni gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan tanah longsor.

macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya Pengertian Bencana Alam, Jenis, dan Macam-macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya


2. Bencana alam meteorologi
Bencana alam meteorologi/hidrometeorologi merupakan musibah yang bekerjasama dengan iklim. Bencana alam ini umumnya tidak terjadi pada suatu daerah yang khusus. Bencana alam bersifat meteorologis paling banyak terjadi diseluruh dunia menyerupai banjir dan kekeringan. Kekhawatiran terbesar pada masa modernisasi kini ini yakni terjadinya pemanasan global.
macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya Pengertian Bencana Alam, Jenis, dan Macam-macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya


3. Bencana alam ekstra-terestial
Bencana alam ekstra-terestial merupakan musibah yang terjadi di luar angkasa. Bencana dari luar angkasa yakni datangnya banyak sekali benda langit menyerupai asteroid atau gangguan angin kencang matahari. Meskipun dampaknya berukuran kecil tidak besar lengan berkuasa besar, asteroid kecil tersebut berjumlah sangat banyak sehingga sanggup menimbulkan untuk menabrak bumi.
macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya Pengertian Bencana Alam, Jenis, dan Macam-macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya


Macam-Macam Bencana

Bencana terbagi atas beberapa jenis atau macam yakni, mencakup tragedi alam, tragedi nonalam, dan tragedi sosial antara lain..

  • Bencana alam yakni tragedi yang diakibatkan oleh insiden atau serangkaian insiden yang disebabkan oleh alam, antara lain berupa gunung meletus, banjir,tsunami, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor, gempa bumi
  • Bencana nonalam yakni tragedi yang diakibatkan oleh insiden atau rangkaian insiden nonalam antara lain kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi dan epidemi, serta wabah penyakit. 
  • Bencana sosial yakni tragedi yang diakibatkan oleh insiden atau serangkaian insiden yang diakibatkan oleh insan dan mencakup konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat dan teror. 

Demikian artikel tentang Pengertian, Jenis, dan Macam-macam Bencana Alam Beserta Contoh Gambarnya supaya bermanfaat. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Peristiwa Alam, Jenis, Dan Macam-Macam Musibah Beserta Rujukan Gambarnya"

Posting Komentar