Pengertian Penyerbukan Dan Macam-Macam Penyerbukan

Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan- Dalam definisi penyerbukan dan penyerbukan, baik pada tanaman, terutama pada bunga yang menghipnotis dan berfungsi dalam proses pembiakan. Pengertian Penyerbukan ialah kejadian menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian.Penyerbukan juga disebut persarian. Ada kepala pistil halus, beberapa berlendir. Fungsi penyerbukan sangat bermanfaat dalam bentuk kemudahan. Fungsi penyerbukannya ialah mempermudah sari melekat pada kepala pistil. Dalam aneka macam jenis atau jenis penyerbukan, dibagi menjadi dua bab atau kelompok, yaitu jenis atau jenis penyerbukan menurut perantara, dan menurut asal serbuk sari yang sanggup dilihat di bawah ini.

Macam-Macam Penyerbukan

1. Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya
Bermacam-macam Penyerbukan menurut intermediate dibagi menjadi 4 polutan antaralain sebagai berikut ..

a. Penyerbukan Oleh Angin
Bunga yang diserbuki oleh angin mempunyai karakteristik sebagai berikut. Bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari berlimpah dan serbuk sari mempunyai bobot ringan sehingga gampang terbang. Santan kelapa besar dan sari panjang bergoyang dan bergoyang ketika ditiup. Celananya diregangkan, panjang, dan keras kepala. Contohnya ialah bunga, kelapa, rumput dan jagung.

b. Penyerbukan oleh hewan
Hewan yang umumnya berperan sebagai penyerbukan antara ialah serangga, menyerupai kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, binatang lain yang sanggup berperan sebagai mediator penyerbukan termasuk siput, burung dan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang diserbuki oleh binatang berwarna-warni menyerupai daya tarik, baunya enak, dan mempunyai kelenjar madu, sehingga sanggup melekat di badan hewan, Putik tersepunyi dan berlendir. Proses terjadinya Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan tiba dan menyedot madu, dan serbuk sari akan melekat di tubuhnya sehabis itu, ketika serangga itu bertengger pada bunga lain yang serupa, penyerbukan terjadi.

c. Penyerbukan Oleh Air
Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan dengan bunga yang ditularkan melalui air, menyerupai Hydrilla.

d. Penyerbukan Oleh Manusia
Penyerbukan sanggup dilakukan dengan derma manusia, contohnya pada kulit kayu dan vanili. Bunga salak dan vanilla yang solo dan jadi ada bunga jantan ada bunga betina. Proses terjadinya, bunga jantan penuh serbuk sari dipetik, kemudian dioleskan pada bunga betina yang sudah matang.

2. Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari
Macam-macam penyerbukan menurut asal serbuk sari dibedakan menjadi 3 penyerbukan, antaralain sebagai berikut...

a. Penyerbukan Sendiri (Autogami)
Penyerbukan sendiri ialah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contohnya pada bunga telang dan bunga turi. 
b. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)
Penyerbukan tetangga ialah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada satu tumbuhan. Contohnya pada bunga jagung. 
c. Penyerbukan Silang (Alogami)
Penyerbukan silang ialah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik yang lain berada pada flora lain yang sejenis. Penyerbukan silang sering disebut persilangan. Persilangan sanggup menjadikan variasi keturunan alasannya ialah terjadi perpaduan sifatdari dua flora induknya. Misalnya persilangan antara bunga merah dengan bunga putih sanggup menghasilkan bunga merah, merah muda, dan putih. 
 Dalam definisi penyerbukan dan penyerbukan Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan


Demikian pembahasan ihwal Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan, dan lihat juga artikel-artikel bermanfaat di Artikelsiana.com. biar artikel ihwal Pengertian Penyerbukan dan Macam-Macam Penyerbukan bermanfaat bagi kita semua. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Penyerbukan Dan Macam-Macam Penyerbukan"

Posting Komentar