Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis Jenis Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis Jenis dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna- Pasar persaingan yang tepat jarang terlihat. Apa yang sering kita hadapi yaitu pasar persaingan yang tidak sempurna. Perusahaan besar mengendalikan kegiatan tertentu ibarat monopoli kemudahan pelayanan publik, ibarat distribusi layanan telepon oleh PT, Telkom, atau penjualan barang yang sama di pasaran yang dibedakan hanya berdasarkan merek, kemasan, aroma. , warna atau ukuran saja. Apa itu pasar persaingan yang tidak sempurna?.Pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.

Keberadaan aneka macam pihak yang mendominasi pasar atau harga melahirkan keragaman bentuk pasar kompetitif tidak sempurna. 

Ciri-ciri persaingan tidak tepat antara lain sebagai berikut. 


  • Hanya ada satu orang penjual 
  • Terdapat banyak pembeli
  • Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat 
  • Adanya kendala untuk masuk ke dalam pasar
  • Barang yang diperdagangkan homogen
  • Penjual sanggup memainkan harga sedangkan pembeli hanya berdasarkan saja. 


Secara umum, jenis atau bentuk pasar persaingan tidak tepat dibahas di bawah ini.

  • Pasar Monopoli : Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual. Pasar monopoli yaitu suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti. 
  • Pasar Oligopoli : Pasar oligopoli yaitu suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Contohnya produk kerikil baterai, pasta gigi, sabun mandi, air minum mineral, sepeda motor, accu, ban mobil/sepeda motor. 
  • Pasar Monopolistis : Pasar monopolistis yaitu suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda. 
  • Pasar Oligopsoni : Oligopsoni yaitu suatu kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli. Masing-masing pembeli mempunyai tugas cukup besar untuk menghipnotis harga barang yang dibelinya.  

 Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis Jenis dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Demkianlah pembahasan Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis dan Ciri-Cirinya supaya bermanfaat. Terima Kaish

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis Jenis Dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna"

Posting Komentar