Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis, Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan

Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, jenis, Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan- Hi .. kali ini Membahas seputar definisi batang, fungsi batang, sifat dan struktur anatomi lapisan batang. Pengertian Batang merupakan bab utama tumbuhan yang ada di tanah dan mendukung bab tumbuhan lainnya, yaitu daun, bunga dan buah. Oleh alasannya ialah itu, batang mempunyai struktur yang lebih kompleks dari pada akar. Batangnya mempunyai segmen dan antarruas. Di lapangan akan muncul bunga atau kuncup daun. Lokasi cabang pada batang berfungsi untuk menempatkan daun pada posisi yang memungkinkan daun mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. 

Secara umum, bentuk penampang melintang terbagi menjadi tiga, yaitu bulat, persegi, dan rata. Batang tumbuhan yang bulat, contohnya di tumbuhan bambu dan kelapa. Batangnya berbentuk segi empat, contohnya di tumbuhan iler dan tumbuhan markisa. Batangnya ialah segitiga, contohnya di teka-teki padang rumput. Batang berbentuk pipih, contohnya di tumbuhan kaktus.

Jenis-Jenis Batang

  • Batang berair (herbaceus) ialah batang yang lemah dan berair, contohnya batang pada flora bayam dan krokot. 
  • Batang rumput (calmus) ialah batang yang tidak keras dan tampak beruas-ruas. Sering kali bab dalam batang berongga contohnya padi. 
  • Batang mendong (calamus) ialah batang yang menyerupai mirip rumput, tetapi ruasnya lebih panjang. Misalnya, batang pada flora mendong dan wlingi.
  • Batang berkayu (lignosus) ialah batang yang berkayu keras dan kuat, baik berupa pohon maupun semak. batang berkayu serupa pohon, contohnya flora jati. Batang berkayu berupa semak, contohnya sidoguri. 


Struktur Batang

  • Pada umunya, struktur bab anatomi batang terdiri atas tiga jaringan, yaitu jaringan epidermis, korteks, dan stele. 
  • Epidermis : Epidermis ialah batang yang tersusun dari selapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel dan berkutikula. Sel-sel penyusun jaringan epidermis selalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang. Fungsi epidermis yang utama ialah sebagai lapisan pelindung dari ancaman kekeringan. Batang flora dikotil mempunyai lapisan epidermis berupa kulit kayu yang berbentuk dari jaringan gabus. Jaringan gabus tidak sanggup ditembus oleh air dan gas. Oleh alasannya ialah itu, jaringan gabus mempunyai celah-celah berupa lentisel untuk memelihara perubahan gas.
  • Korteks : Korteks ialah tersusun dari jaringan parenkin yang berkloroplas. Sel-selnya berdinding tipis dan tersusun tidak beraturan dengan ruang antarsel yang cukup lebar. Beberapa jenis flora rumput-rumputan mempunyai jaringan sklerenkim sebagai jaringan penguat pada korteks batang, sedangkan flora homogen pinus (konifer) pada umumnya tidak mempunyai jaringan penguat. 
  • Endodermis : endodermis ialah lapisan korteks yang paling dalam dan berbatasan dengan silinder sentra mempunyai sel-sel yang bentuk dan susunannya khas. Lapisan sel yang menjadi batas antara korteks dan silinder sentra pada akar lazim dinamakan endodermis Namun, lapisan berupa yang terdapat pada batang, banyak mengandung butir-butir zat tepung. Oleh alasannya ialah itu, endodermis batang disebut juga sarung tepung (floeoterma).
  • Silinder Pusat : Silinder sentra atau stele ialah tersusun atas beberapa jaringan, yaitu berkas pengangkut, empulur, dan perikambium. Perikambium atau perisikel merupakan lapisan sel yang paling tepi dari silinder pusat. Di sebelah dalamnya terdapat jaringan parenkim dengan berkas-berkas pembuluh pengangkut. Berkas pengangkut terdiri atas xilem dan floem yang merupakan kelanjutan dari xilem dan floem pada akar. Empulur yang terletak di bab tengah atau inti batang tersusun dari jaringan parenkim. Pada beberapa batang tumbuhan, bab empulur mengalami kerusakan selama masa pertumbuhan sehingga banyak membentuk ruang antarsel. Batang flora tertentu mempunyai akses getah yang terletak di dalam silinder pusat. 


Fungsi Batang
  • Mendukung bagian-bagian flora yaitu daun, bunga, dan buah.
  • Merupakan jalur transportasi air dan zat makanan hasil fotosintesis
  • Membantu proses pernapasan, karna oksigen sanggup masuk ke lentisel 
  • Tempat melekatnya daun, bunga dan buah.
  • Sebagai penopang atau penyokong sehingga flora tetap bangun tegak 
  • Sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif dengan metode pencangkokan 
  • Tempat menyimpan cadang makanan contohnya sagu 

Sifat-Sifat Batang
Adapun sifat-sifat dari batang antaralain sebagai berikut...
  • Batang flora bersifat fototropi yaitu mempunyai arah pertumbuhan ke atas atau menuju cahaya. 
  • Pertumbuhan batang umumnya tidak terbatas. 
  • Batang flora monokotil mempunyai ruas-ruas yang jelas
  • Tumbuhan dikotil ruas-ruas batangnya tidak terlihat dengan jelas. 
  • Beberapa jenis flora sanggup dibedakan dengan bab lainnya contohnya batang pohon kelapa sedangkan ada pula batang yang tertutup pelepah daunnya contohnya batang tumbuhan jagung. 
  • Tumbuhan Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka) hanya terdiri atas flora berkayu
  • Tumbuhan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) terdiri atas flora yang mempunyai batang basah, batang rumput, batang mendong, dan batang berkayu. 
 Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, jenis, Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan

Demikianlah pembahasan pada kali ini Tentang Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, jenis, Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan Semoga semua teman-teman sanggup mendapatkan dan sanggup bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, agar Pengertian, Fungsi, Sifat, jenis, dan Struktur Batang sanggup bermanfaat. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis, Struktur Dan Macam Macam Batang Tumbuhan"

Posting Komentar