Pengertian Akar Tumbuhan, Fungsi, Sifat, Dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

Pengertian Akar Tumbuhan , Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan. Setiap orang niscaya tahu dan sudah melihat akar. Tentu saja akar tumbuh. Akar mempunyai bab yang masing-masing mempunyai fungsinya tersendiri namun saling berhubungan. Tapi sebelum itu sobat tahuka mengerti akarnya sendiri? ..Pengertian akar ialah bab tumbuhan yang tumbuh ke bawah dalam tanah atau air dengan fungsi utama untuk menyerap air dan mineral. Sel akar berbeda dengan sel batang dan daun. 

Fungsi Akar Tumbuhan
Secara umum, semua akar berfungsi untuk memperkuat dan menegakkan tumbuhan dan mengikis air dan garam mineral dari tanah. Beberapa jenis tumbuhan memakai akar sebagai alat bantu pernafasan menyerupai akar pernafasan, akar lutut, akar udara, atau akar. Tanaman rawa yang hidup di tanah berair mengandung sedikit oksigen (O2) mempunyai akar pernafasan yang menempel tegak lurus terhadap permukaan tanah untuk mendapat oksigen. Bakau tumbuh di kawasan pasang surut mempunyai akar lutut yang tumbuh ke udara kemudian membungkuk dan masuk lagi ke dalam tanah. Anggrek mempunyai akar udara yang berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara.

 Setiap orang niscaya tahu dan sudah melihat akar Pengertian Akar Tumbuhan, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

Beberapa jenis tumbuhan memakai akar untuk menyimpan cadangan makanan, menyerupai pohon, wortel, ubi dan bit. Bagian akar yang bisa menyimpan cadangan makanan, yaitu akar akar, akar cabang, atau hipokotil. Akar benalu berfungsi sebagai pengisap (haustorium) untuk menyerap air dan mineral dari tumbuhan inang. Tanaman epifit, menyerupai vanila, mempunyai akar konvolusi untuk memanjat tumbuhan inang dengan memeluk batangnya. Akar tumbuhan sukun dan kersen juga berfungsi sebagai alat perbanyakan vegetatif. Pada akar tumbuh tunas yang tegak lurus terhadap permukaan tanah. Tunas tersebut disebut tunas liar (tunas adventif).

Kesimpulannya : Fungsi Akar Tumbuhan 

  • Menyerap Air dan Zat hara 
  • Berfungsi sebagai alat penyokong tumbuhan 
  • Sebagai Alat dalam pernapasan tumbuhan 
  • Untuk menyimpan cadangan makanan
  • Sebagai wadah dalam melekatnya tumbuhan ke tanah 
  • Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif 
Sifat-Sifat Akar Tumbuhan
Akar merupakan bab tumbuhan di dalam tanah yang bisa terus tumbuh. Arah gerak pertumbuhannya dipengaruhi oleh gravitasi (geotropi) atau dengan air (hidrotropi). Akar bisa tumbuh melalui tanah alasannya mempunyai ujung yang runcing. Pada akar tidak ditemukan buku-buku yang membentuk segmen. Akar umumnya pucat dan tidak klorofil, sehingga tidak bisa melaksanakan fotosintesis.


Bagian-Bagian Akar Tumbuhan
Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian AkarBagian-bagian akar sanggup dibedakan menjadi tiga antara lain sebagai berikut...
  • Pangkal Akar : Pangkal akar atau leher akar merupakan perbatasan antara bab akar dan bab batang. 
  • Batang Akar : Batang akar ialah bab antara pangkal akar dan ujung akar, serta dibagian batang akar terdapat cabang-cabang akar yang masing-masing mempunyai cabang-cabang lebih kecil. Cabang akar halus disebut serabut akar. 
  • Ujung Akar : Ujung akar ialah bab akar paling muda dan terus-menerus mengalami pertumbuhan, serta bab paling ujung akar terdapat tudung akar (kaliptra). yang berfungsi melindungi ujung akar yang masih gampang dan lemah

Demikian artikel tentangPengertian Akar Tumbuhan , Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan, teman-teman boleh lihat artikel-artikel lainnya. Semoga pembahasan perihal Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Akar Tumbuhan, Fungsi, Sifat, Dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan"

Posting Komentar