Kisah Eugene Dubois, Sang Penemu Pithecanthropus Erectus

Kisah Eugène Dubois, Sang Penemu Pithecanthropus erectus- Marie Eugene Francois Thomas Dubois adalah spesialis anatomi Belanda. Lahir di Eijsden, ia menjadi populer alasannya menemukan sisa-sisa fosil insan purba yang berada bukan Eropa tapi di luar. Penemuannya perihal insan purba ada di pulau Jawa pada tahun 1890, lalu diberi nama Pithecanthropus Erectus. Eugene Dubois lahir pada ketika yang sempurna sehubungan dengan pilihan hidup yang harus dilakukan. Lahir pada tahun 1858, pada usia delapan belas bulan sesudah ditemukannya fosil di lembah Neanderthal dan setahun sebelum penerbitan The Origin Of Species oleh Charles Darwin. Dubois tumbuh menjadi penganut teori Darwin dan mempunyai obsesi untuk menemukan Link's missink dari teori revolusi Darwin, spesies kekerabatan evolusioner dari monyet ke manusia.

Perburuan Dubois dimulai pada tahun 1887. Dubois keluar dari universitas daerah ia bekerja di sebuah unit militer dalam bidang kedokteran di militer. Banyak orang berpikir bahwa apa yang ia lakukan dengan keputusannya dianggap gila. Ternyata keputusan Duobis bukan tanpa sesuatu. Dengan bergabung dengan penyatuan anggota militer. Dubois memasuki wilayah Hindia Belanda (Indonesia) dengan biaya minimal. Pada ketika itu, Hindia Belanda dianggap sebagai lokasi sesungguhnya perburuan fosil insan oleh para ilmuwan.

Dubois melaksanakan pencarian dan pencarian di lokasi fosil dan memperoleh aneka macam temuan berupa sisa-sisa fosil dari aneka macam jenis reptil dan mamalia. Ia juga menemukan fosil tengkorak manusia, namun kondisinya tidak selengkap temuan Rietschoten. 

 ia menjadi populer alasannya menemukan sisa Kisah Eugene Dubois, Sang Penemu Pithecanthropus erectus

Fosil yang ia sebut Homo Wajakensis. Dubois tidak puas dengan temuannya dengan terus mencari aneka macam daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Akhirnya, ia memusatkan penelitiannya di lembah Bengawan Solo di erat Trinil. Di lokasi ini, ia mendapat begitu banyak inovasi fosil. Dubois menemukan fosil Pithecanthropus Erectus yang bangun di tengkorak, paha, dan tiga gigi saja.

Demikian artikel perihal Kisah Eugene Dubois dalam Penemuannya biar bermanfaat (Sumber : Sejarah, Hal : 50-51, X SMA, Penulis : Rini Mardikaningsih-R.Sumaryanto, Penerbit : Global)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Eugene Dubois, Sang Penemu Pithecanthropus Erectus"

Posting Komentar